Peringatan Hari Jadi Kota Batam Ke 194 Jefridin Apresiasi Semarak Pawai Budaya

 

Batam.Infosatelitnews.com- Semarak rangkaian Hari Jadi Batam ke-194 tahun, Pemerintah Kota Batam Menggelar Pawai Budaya yang dimeriahkan seluruh lapisan masyarakat di Kota Batam.

Mulai dari Marching Band, Paskibraka, Dekranasda, GOW, Forkopimda, Mahasiswa, Paguyuban, Organisasi Masyarakat, Organisasi Agama, Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Batam.

menyelimuti rangkaian Acara Hari Jadi Batam ke-194 tahun dalam Upacara yang dipusatkan di Dataran Engku Putri, Senin (18/12/2023). Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mendampingi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berharap peringatan ini dapat menjadi pondasi terjalinnya kekompakan antara masyarakat dengan pemerintah.

“Sebagai masyarakat Batam kita wajib bersyukur kehadirat Allah SWT dan semoga peringatan ini dapat semakin mempererat kesatuan dan persatuan, yang bermuara pada terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan itu budaya Melayu juga begitu kental, karena seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Batam mengenakan pakaian melayu, lengkap dengan tanjak dan kain samping. Dibacakan juga pembacaan sejarah Hari Jadi Batam oleh Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto.

“Disampaikan Pak Wali Kota dalam sambutannya momentum historis yang menjadi titik tolak penetapan Hari Jadi Batam ialah bertitik tolak dari peristiwa pelimpahan wewenang kepada Raja Isa atau Nong Isa oleh Kerajaan Riau-Lingga,” jelasnya.

Pada awal abad ke-19 dibuka wilayah baru di Nongsa oleh Raja Isa bersama rombongan keluarga kerajaan dari pusat kerajaan Riau-Lingga. Dengan Raja Isa sebagai wakil kerajaan, pada 22 Jumadil akhir 1245 hijrah, atau bertepatan dengan 18 Desember 1829 masehi. Maka ditetapkanlah Hari Jadi Batam diperingati setiap tanggal 18 Desember. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 4 Tahun 2009.

“Ini perlu diketahui bagaimana sejarah Batam dengan pemerintahan dan pembangunan kita yang saat ini. Agar generasi penerus juga tahu dan dapat melestarikan sejarah Hari Jadi Batam,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mendampingi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina menyampaikan selamat Hari Jadi Batam. Ia berharap, Batam dapat semakin maju pesat dengan masifnya pembangunan.

“Terimakasih dan apresiasi pawai ini luarbiasa. Selamat Hari Jadi Batam, sesuai tema Terus Melaju Menuju Batam Kota Baru kita berharap Batam sebagai bandar dunia madani semakin modern dan sejahtera,” kata Jefridin, di Dataran Engku Putri, Sabtu (16/12/2023).

Jefridin mengajak diusia Batam yang baru ini, dapat menciptakan masyarakat Batam yang semakin kompak.

“berharap juga masyarakat bisa bergandeng tangan dengan pemerintah menjaga keamanan Batam, sehingga dapat mengundang wisatawan baik lokal hingga mancanegara merasakan budaya dan khazanah Melayu.

“Dengan wisatawan yang berdatangan, maka Pendapatan Asli Daerah juga akan semakin meningkat karena wisatawan akan menyumbangkan uangnya melalui sektor pajak sebesar 10 persen melaui hotel dan restoran,” jelasnya.

Perwakilan Panitia HJB ke-194, Imam Tohari melaporkan bahwa pawai budaya diikuti 11.200 peserta. Sebelumnya sudah digelar rangkaian ziarah makam zuriat Nong Isa dan selanjutnya, akan digelar Anugerah Batam Madani, hingga upacara HJB ke-194.hs.Mc

Share:

Komentar:

Berita Lainnya