Cen Sui Lan Dorong BMKG Bangun Pos Pantau Hilal di Kepri

Kepri.Infosatelitnews.com– Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Golkar Dapil Kepri mendorong Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk membangun pos pantau hilal di Provinsi Kepri. Selain itu, Cen Sui Lan juga mendesak agar BMKG membangun radar di Natuna, Kepri.

Cen Sui Lan menyampaikan hal itu pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Sekretaris Utama (Sestama) BMKG Budi Sutrisno, dan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, baru-baru ini. RDP tersebut membahas Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun anggaran 2022 dan evaluasi pelaksanaan program tahun anggaran 2021.

“Dalam RDP tersebut, saya mendorong agar BMKG membangun pos pantau hilal di Kepri, dan pembangunan radar di Natuna. Fasilitas itu kita minta direalisasikan pada tahun 2022 nanti,” ujar Cen Sui Lan, saat memberikan keterangan  Sabtu (10/7/2021).

Ia juga mengungkapkan, alokasi dana geofisika sebesar Rp500 miliar dan program dan prioritas anggaran tahun 2022. Paling tidak, Cen Sui Lan berharap, anggaran itu bisa diprioritaskan untuk membangun pos pemantauan hilal di Provinsi Kepri, yang dilengkapi dengan teropong hilal.

“Sarana ini untuk menentukan hari-hari penting. Seperti memasuki bulan puasa Ramadan, lebaran Idul Fitri dan sebagainya. Termasuk melihat dan menentukan hilal Idul Adha ini,” jelasnya.

BMKG untuk meningkatkan peralatan dan instrumen BMKG, seperti pembangunan radar di Kabupaten Natuna, Kepri.

“Bila MMS2 ditandatangani, maka pembangunan radar di Natuna dapat dipercepat. Dan tolong jangan dihilangkan dalam program prioritas tahun anggaran 2022. Pembangunan ini dapat direalisasikan segera,” pinta.

Cen Sui Lan menerangkan, radar BMKG di Natuna ini sebagai sarana prasarana untuk kepentingan pendataaan iklim, cuaca, angin, dan klimatologi di Natuna, Provinsi Kepri. Fungsi radar BMKG ini, juga untuk pertumbuhan ekonomi dan pertahanan di Natuna, Provinsi Kepri.

Program pembangunan radar sipil itu berdasarkan hasil reses Cen Sui Lan dengan pihak BMKG Natuna.

Usulan tersebut disampaikan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Pembahasan awal Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) BMKG tahun 2022 tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi V DPR, Senayan, Jakarta, awal Juni 2021 lalu.

“Kita membangun radar di Natuna tersebut bisa berfungsi ganda. Di saat damai berfungsi sebagai fungsi ekonomi. Di saat negara dalam ancaman, dapat difungsikan sebagai bagian dari fungsi pertahanan,” jelasnya.ucap.

Dibangunnya radar BMKG di Natuna, merupakan bagian dari penguatan fungsi ekonomi dan pertahanan yang bisa mengcover wilayah Laut Cina (Tiongkok) Selatan, serta penguatan fungsi kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan. 1 radar itu bisa mengcover radius 240 kilometer.

“Kita membangun ini harus integral dan punya visi jauh ke depan,” jelas Cen Sui Lan yang lagi ditugaskan Fraksi Golkar untuk jadi Anggota Panja (Panitia Kerja) RUU tentang Jalan.

“Berdasarkan masukan dari BMKG, Untuk pembangunan radar BMKG di Natuna tersebut diprogramkan pada tahun anggaran 2022 nantinya. Irwansyah.

Share:

Array

Komentar:

Berita Lainnya