Wabup Bicara Potensi Tanah Datar, Waseskab : Bakal Menjadi Kabupaten yang Luar Biasa

Jakarta.Tanah Datar.Infosatelitnews.com– Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH., MH., (Wabup) belum lama menemui Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Fadlansyah Lubis di Jakarta, Senin 2 Januari 2022.

Pertemuan Wabup dengan Waseskab, bertujuan menjemput segala bentuk peluang yang ada, untuk dibawa ke daerah Luhak Nan Tuo.

Salah satu potensi yang dimiliki  Kabupaten Tanah Datar, yang cukup luar biasa ialah, potensi pertanian setelah  potensi wisatanya.

Dalam kesempatan itu, menyampaikan bahwa untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk yang mampu dipasarkan secara global, saat ini pemerintah Tanah Datar berencana untuk, membangun pabrik saus tomat.

“ Di kala jatuhnya harga pasar, hasil pertanian khususnya tomat yang dibuang begitu saja, kita melihat peluang disana. Bagaimana ini, diolah menjadi produk komersial melalui pabrik pengolahan. Untuk itu diharapkan, bantuan pemerintah pusat untuk dapat merealisasikannya,” ucap Richi dilansir dari laman Facebook Prokopim Setda Tanah Datar, Selasa (04/01).

Bukan disitu saja, beragam potensi ikut disampaikan Wabup Richi. Ia juga menginformasikan, salah satu dari 10 program unggulan (Progul) pemerintah Tanah Datar yakni bajak gratis. Yang nantinya, mampu menekan biaya produksi dan menyerap tenaga kerja.

“ Pemerintah Tanah Datar sedang berupaya mewujudkan 10 progulnya. Insha Allah, dalam waktu dekat bajak gratis untuk masyarakat petani, akan terlaksana,” jelas Richi.

Di sisi lain, Fadlansyah menyambut baik serta merespon positif,  informasi mengenai segala potensi Tanah Datar yang disampaikan langsung oleh Wabup.

“ Nanti kita lihat, apa saja potensi yang ada di Tanah Datar. Persiapkan sedemikian rupa dalam bentuk proposal, sehingga bisa diproses untuk menjadi program prioritas Pemerintah Pusat,” ucap Waseskab.

Selanjutnya Fadlansyah berharap, agar  pemerintah Tanah Datar fokus terhadap program-programnya.

“ Pemanfaatan tomat itu sangat bagus, terus digali potensinya. Tanah Datar akan menjadi, Kabupaten yang luar biasa,” tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kabag Pemerintahan Setda Tanah Datar Abdurahaman Hadi, dan beberapa pejabat Fungsional Ahli Mudadi jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Aliunar.

 

Share:

Komentar:

Berita Lainnya