Ramadhan Ini, Mesjid Oman Lampriet Banda Aceh  Datangkan Tiga Iman Dari Timur Tengah

 

BKM Oman Al Makmur Gampong Bandar Baru, Lampriet, Banda Aceh mendatangkan tiga imam khusus dari Timur Tengah pada Ramadhan 1444 Hijriah tahun ini

Banda Aceh.Infosatelitnews.com–‘ Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Oman Al Makmur Gampong Bandar Baru, Lampriet Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh mendatangkan secara khusus tiga imam dari Timur Tengah pada bulan puasa Ramadahan 1444 Hijriah tahun ini.

Ketiga imam khusus yang didatangkan tersebut adalah Syaikh Layth Qwaider berasal dari Palestina.

Kemudian, Syaikh Amer Omar Muhammad Fitaini dari Arab Saudi, serta Syaikh Abdelrahman Muknis Allaithy yang berasal dari Mesir.

Ketiga imam khusus dari luar negeri tersebut akan memimpin pelaksanaan ibadah shalat malam yakni Tarawih dan Qiyamul Lail.

“Insya Allah dalam menyambut Ramadhan 1444 Hijriah tahun ini, BKM Masjid Oman Al Makmur mendatangkan tiga imam khusus bersuara merdu dari Timur Tengah,” ujar Ustadz Mauliza Akbar, selaku Ketua Panitia Keguatan Ramadhan 1444 Hijriah Masjid Oman Al Makmur Lampriet Banda Aceh,Sabtu (18/03.

Ustadz Mauliza Akbar didampingi Sekretaris BKM Oman Al Makmur Tgk Muhammad Taufik Almusawar menambahkan, Masjid Oman Al Makmur seperti bulan Ramadhan sebelumnya akan memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah agar tetap nyaman dalam beribadah pada bulan Ramadhan tahun ini.

Selain pelaksanaan shalat Tarawih, itu ada beberapa kegiatan rutin bulan Ramadhan di Masjid Oman seperti kegiatan Daurah Al-Qur’an, Takjil bareng, Iktikaf, Qiyamul Lail dan Sahur bersama diadakan juga.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, untuk memenuhi keinginan para jamaah Insya Allah akan hadir tiga orang Imam yang didatangkan dari tiga negara Timur Tengah.

Sebagai mana telah disampaikan sebelumnya, bahwa Qiyamul Lail pada bulan Ramadhan tahun ini akan dimulai lebih awal yaitu pada malam memasuki 11 Ramadhan 1444 Hijriah, atau hari Sabtu malam, tanggal 1 April 2023.

Dengan demikian, para jamaah yang tidak sempat mengikuti jamaah shalat malam (Tarawih) setelah shalat Isya masih punya kesempatan untuk melaksanakannya pada waktu qiyamul lail.

“Qiyamul Lail (shalat tengah malam) akan mulai dihidupkan sejak 11 Ramadhan yang akan diimami oleh imam-imam muda Masjid Oman dan imam lokal,” terang Ustadz Mauliza Akbar yang juga Ketua Bidang Ibadah, Dakwah, Pendidikan dan Perlindungan Anak BKM Oman Al-Makmur.

Kemudian, dengan mempertimbangkan berbagai hal tetap seperti biasa yaitu sahur bersama akan dimulai pada waktu memasuki 21 Ramadhan 1444 Hijriah atau pada hari Rabu dini hari tanggal 12 April 2023 sampai dengan hari Jum’at dini hari tanggal 21 April 2023.

Terkait kesiapan sarana prasarana masjid, juga terus dilakukan menjelang Ramadhan, terutama kesiapan Hotel dengan penambahan beberapa kamarnya, guna menampung jamaah dari luar Aceh yang ingin merasakan nikmatnya suasana Ramadhan di Masjid Oman, termasuk para syeikh yang datang dari luar negeri.

Selain itu, petugas yang mengatur shaf beserta petugas keamanan yang akan dibantu dengan tenaga tambahan dari para pemuda Gampong Bandar Baru selama shalat tarawih juga akan disiagakan secara maksimal.

Ketua BKM Oman Al-Makmur Ustadz Jamil Ibrahim juga menyampaikan, keterlibatan semua pihak secara aktif sangatlah diharapkan serta menjadi kunci kesuksesan bagi masjid dalam melayani jamaah selama bulan Ramadhan.

Khusus masalah pelayanan, Ustadz Jamil menekankan pentingnya budaya ramah dan etika yang baik dan harus dibiasakan dalam berinteraksi dengan para jamaah, disamping pelayanan prima terhadap tugasnya masing-masing yang tetap wajib dilakukan sehingga masjid benar-benar menjadi tempat ternyaman untuk beribadah selama Ramadhan dan jamaah pun betah berlama-lama di masjid. (Hasmi)

Share:

Array

Komentar:

Berita Lainnya