Irigasi Kuta Bak Drien, Tangan-Tangan, Abdya Aceh Barat Jebol

Infosatelitnews.com–Aceh Barat… Tanggul pengaman saluran irigasi yang sepanjang 100 meter di Gampong Kuta Bakdrien, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) jebol diterjang banjir, Kamis malam (30/4/2020).

Akibatnya sekitar tiga hektare lahan sawah yang baru selesai ditanami padi rusak berat karena tertimbun material tanah dan kerikil.

Peristiwa jebolnya tanggul saluran air hingga tertimbunnya lahan sawah dengan material tanah dan kerikil sudah dua kali dialami oleh para petani di desa jelas Bakdrien, Syarkani

Sejak dibangun sudah dua kali jebol. Pada tahun 2019 jebolnya ada sekitar 50 meter tambah banjir semalam ada sekitar 100 meter yang roboh, makanya banyak kerikil sungai masuk sawah,” ucapnya

Jebolnya tanggul saluran irigasi hingga tertimbunnya lahan sawah dengan material tanah dan kerikil sudah dua kali dialami oleh para petani di gampong setempat.

Sejak dibangun sudah dua kali jebol. Pada tahun 2019 ada sekitar 50 meter jebolnya, ditambah semalam sekitar 100 meter lagi yang roboh, makanya banyak kerikil sungai masuk sawah,”.

Pembangunan proyek tanggul dan saluran irigasi itu, ada yang dibangun pada tahun 2018 ada juga pada tahun 2019. Terkait jumlah anggaran yang dikucurkan pemerintah, dirinya tidak mengetahui jumlah anggaran pembangunan tersebut.ungkap muffi

Tidak teringat lagi saya apakah yang roboh itu proyek 2018 atau tahun 2019, karena sudah banyak dibangun di daerah itu, hanya saja pembangunannya asal-asalan makanya sering roboh,” katanya.

Buktinya terang Muffi , ketinggian tanggul mencapai 1,5 meter, sementara pondasinya kecil. Kemudian kedalamannya diduga kurang, hanya diperkirakan 30 sentimeter..

Ia berharap kepada dinas terkait agar secepatnya memperbaiki tanggul jebol tersebut, sehingga puluhan hektare sawah di sepanjang saluran itu menjadi aman saat banjir kembali melanda.

Begitu juga kerikil menumpuk di tengah sawah, saya mewakili warga meminta pemerintah daerah untuk membantu mengangkat material itu agar lahan sawah kembali ditanami padi hs

Share:

Array

Komentar:

Berita Lainnya