Bapan-RI. Sorot Aspal Hancur Baru siap diHamparkan Jalan Nasional Milik PUPR Sumatra Barat.Diduga Akibat Lemahnya Pengawasan.

 

Sumbar.Sosel.Infosatelitnews.Com–Setiap pekerjaan proyek pemerintah dalam mencapai mutu dan kualitas pekerjaan harus dilaksanakan sesuai dengan RAB dan kontrak kerja.

Bahkan demi terciptanya pekerjaan yang baik tentu perlu diawasi oleh pengawas yang ditugaskan untuk mengawasi.

Bahkan, dalam segala
ketimpangan-ketimpangan yang dilakukan oleh kontraktor harus ditegur oleh pengawas.

Dan pengawas berkewajiban memerintahkan kontraktor untuk mengeluarkan semua material pekerjaan apabila tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

Maka dari itu, setiap pengawas berkewajiban mengecek semua material yang didatangkan oleh kontraktor.

Bukan itu saja, tugas seorang pengawas dalam mengawasi setiap pekerjaan proyek pemerintah, pengawas juga punya hak mewarning kontraktor apabila kontraktor lalai dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan schedule atau limit waktu pelaksanaan.

Hebatnya, pengawas juga bisa menolak pekerjaan apabila pekerjaan tidak terlaksana sesuai dengan kontrak kerja.

Namun baru siap di aspal, jalan Provinsi di Kabupaten Solok Selatan sudah hancur berantakan,
jalan milik PUPR Provinsi di hancur tepatnya di Kecamatan Sangir Batang Hari langsung 10/11 rusak kondisi Selasa (10/11/22

Hasil investigasi yang dilakukan BAPAN RI.Datuak Syafrigon ia mengatakan,
Diduga lapis perkerasan aspal kurang padatnya faktor membuat jalan tersebut hancur.

Dilain titik terlihat ada retak-retak. di Jorong Aur Duri, Nagari Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari, kondisi jalan terbelah dan aspal turun setinggi 25 CM. sangat terganggu para pengguna jalan dan keluhan juga disampaikan masyarakat,” ujar Wali Nagari RPC itu.

Jalan tersebut jalan propinsi Provinsi penghubung antara antar Kecamatan dan antar Kabupaten itu, tidak bisa lagi dilewati oleh kendaraan jenis sedan.

rusaknya jalan provinsi tersebut usai diaspal diduganya aspal tidak sesuai Job Mix Formula dan suhu penghamparan aspal di lapangan tidak sesuai spesifikasi.

Tentu kita sangat menyayangkan kondisi pembangunan seperti ini. Harapan kita ya harus segera diperbaiki, oleh pelaksana dan PPK harus dan memerintah kan secepat nya pelaksana untuk memperbaiki jalan yang rusak ini. baru siap 1 minggu hancur berantakan. dan juga Pemprov dan DPRD Provinsi Sumbar harus turun kelokasi.

Walinagari juga juga menyampaikan pengerjaan jalan provinsi ini di Nagari kami juga belum maksimal,” ungkap Wali Nagari Ranah Pantai Cermin, Irfansyah Rio, (10/11/2022).

Dia menyebut (9/11) kemarin, badan jalan yang baru 1 minggu siap diaspal oleh kontraktor terlihat sudah retak-retak. Titiknya di Jorong Aur Duri, Nagari Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari.(Hasmi)

 

Share:

Komentar:

Berita Lainnya