CEN SUI LAN: Kampung Tua Tanjung Riau, Destinasi Pariwisata Kultural, Mulai Kelihatan Hasil Yang Diperjuangkan

 

Kepri.Batam.Infosatelitnews.com..
Berulang kali ‘teriak’. Kampung Tua di Tanjung Riau, Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepri tersebut kini berubah menjadi kampung wisata.

Cen Sui Lan Anggota DPR RI dari Dapil Kepulauan Riau (Kepri), meninjau program yang beliau perjuangkan di Senayan pada Komisi V, Rabu (5/5/2021) kemarin.

Cen Sui Lan meninjau tentang peningkatan kualitas pemukiman kumuh di kawasan Kampung Tua Tanjung Riau, Sekupang, Batam.

Legislator dari Partai Golkar ini didampingi Raja Mustakim dan tenaga ahli Victor Angsono, serta Agustar.

Selain itu, turut mendampingi oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Istiadi selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) program KOTAKU BPIW Provinsi Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Dalam peninjauan itu, apa yang diperjuangkan di Senayan, di Komisi V, pelan-pelan menampakkan hasilnya.
“Nich, lihat wajah

Kampung Tua Tanjung Riau, Sekupang, Batam. Sekarang berubah.

Alhamdulillah, apa yang saya teriakin ke Menteri PUPR Pak Basuki Hadi Mulyono, berbuah manis.

Dan kita lihat nich wajah Kampung Tua Tanjung Riau, sudah berubah ke arah lebih baik,” ujar Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan mengajak masyarakat Batam dan wilayah Kepri lainnya, agar berkunjung ke kawasan Kampung Tua Tanjung Riau.

Saat ini dan ke depannya, Cen Sui Lan mengajak DPD Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Provinsi Kepri untuk bersama-sama mengelola kawasan ini, untuk dijadikan destinasi baru di dunia pariwisata.

Kampung Tua Tanjung Riau, patut dijadikan destinasi baru pariwisata di Batam, dan Kepri,” ujar Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan dengan nama Islam Aisyah ini menjelaskan, untuk program peningkatan kualitas kemukiman Kampung Tua Tanjung Riau, sudah disediakan dana Rp15 miliar.

Kegiatan itu berupa peningkatan pelantar, pekerjaan peningkatan jalan, pekerjaan drainase, pembangunan plaza dan toilet berstandar bintang 5, jaring sampah, lampu penerang LED.

Kemudian disediakan ruang terbuka publik, gerbang dan signage serta perbaikan halaman

Kepada Dian selaku Ketua RW Kampung Tua Tanjung Riau, Cen Sui Lan meminta agar masyarakat menjaga aset tersebut.

Agar bisa berkelanjutan. Untuk menjadikan Kampung Tua Tanjung Riau menjadi kampung wisata, masyakarat mesti diberikan edukasi (pendidikan) penanganan sampah.

Cen Sui Lan juga bernincang sama Ketua RW Kampung Tua di sela sela kunjungan ke sepanjang Pelantar yang sudah dibangun tersebut.

“Jaga dan rawat ya Bu. Ini negara sudah hadir untuk meningkatkan daerah. Dan Kampung Tua ini dijadikan destinasi pariwisata,” sambungnya.

Ajak ASITA Kepri

Cen Sui Lan berjanji akan memanggil Pengurus DPD ASITA Provinsi Kepri untuk bekerja sama dengan warga yang tinggal di sini, guna mengelola Kampung Tua sebagai destinasi pariwisata dan bisa meningkatkan perekonomian warga di sini. Untuk mewujukan kampung wisata di Kampung Tua Tanjung Riau ini, Cen Sui menyarankan warga untuk membuat kampung oleh-oleh dan menyediakan kuliner khas daerah Batam.

Pada saatnya nanti,
masyarakat Kampung Tua Tanjung Riau akan terbantu ekonominya melalui program peningkatan kawasan Kampung Tua Tanjung Riau ini.

Selain bisa menata kawasan yang tadinya kumuh dibuat baik dan tertata rapi, juga ada nilai-nilai estetika yang dipoles.

Untuk mempercantik kawasan Kampung Tua Tanjung Riau dan sangat berubah total.

“Pengunjung selain dari wisatawan dari luar negeri, juga wisatawan domestik kita buatkan paketnya untuk mengunjung Kampung Tua Tanjung Riau ini.

Kita minta ASITA Kepri untuk mengkreasikan supaya ada unsur nilai jualnya,” demikian diharapkan Cen Sui Lan kepada Istiadi dan Dian serta Rika, koordinator Kota Batam untuk Program KOTAKU.

Kawasan ini menjadi lokasi yang bisa diandalkan untuk menjadi destinasi pariwisata berbasis cultural ‘Kampung Tua’ dan letaknya yang berhadapan langsung dengan Singapur

Meganya Masjid ini sarana ibadah di kampung wisata Kampung Tua Tanjung Riau, Batam, Kepri.

“Datang lah sore-sore hari ke kampung wisata ini. Dengat cantik sekali,” ucap Cen Sui Lan yang sebelumnya pengusaha di bidang pariwisata ini. (Hs.ucok)

Share:

Komentar:

Berita Lainnya